Dampak dari Perkembangan Teknologi di Era Globalisasi bagi Pemuda/Siswa

Diposting pada
Hasil gambar untuk kemajuan teknologi

Pemuda juga dikenal dengan sebutan generasi muda dan kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif. Pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 30an tahun. Dari sisi usia pemuda merupakan masa perkembangan secara biologis dan psikologis. Pemuda biasanya memiliki semangat pembaharuan yang dapat merubah sesuatu. Pemuda biasanya fleksibel dengan perkembangan zaman dan dapat menghadapinya dengan baik dari segi perubahan sosial maupun kultural di era globalisasi ini. Perkembangan zaman ini ditandainya dengan adanya teknologi yang bermunculan. Teknologi ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Walaupun mempermudah pekerjaan tapi teknologi sendiri mempunyai dampak negatif. Berikut dampak negatif beserta dampak positif teknologi beserta penjelasannya yang berpengaruh terhadap generasi muda atau para pelajar khususnya.

DAMPAK POSITIF

1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat

Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain.
Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.

2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.

3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka

Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.

4. Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.

Sebelum teknologi marak seperti di era globalisasi ini, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang telah di installkan.

5. Mudahnya melihat perkembangan dunia

Dengan adanya teknologi, akses untuk melihat kejadia-kejadian yang ada di seluruh dunia menjadi lebih mudah. Hal ini membantu untuk menambah wawasan dan menjadi tidak tertinggal dalam perkembangan di era globalisasi

DAMPAK NEGATIF

1. Siswa menjadi malas belajar

Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, contohnya bermain game dan bermain media sosial

2. Terjadinya pelanggaran Asusila.

Sering kita dengar di berita-berita, dimana terjadi pelaku pelanggaran asusila dilakukan oleh seorang pelajar terhadap pelajar lainnya, seperti terjadinya tawuran antar pelajar, terjadi priseks, pemerkosaan siswi dan lain-lain.

3. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.

Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS, main Facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain, sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia. Akhirnya semuanya itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar siswa dan bahkan terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.

4. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.

Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi malas dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga siswa menjadi malas berusaha dan belajar.

5. Tindakan penyalahagunaan teknologi saat ujian

Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.

6. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.

Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat positif, namun pada akhirnya sering kali tujuan itu diselewengkan dengan berbagai alasan. Contohnya ; seorang pembajak dengan kemampuannya melakukan penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank atau kekantor-kantor, cukup dengan melakukan pembobolan system keuangan atau informasi penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya

7. Budaya bangsa mulai ditinggalkan

Adanya teknologi ini membuat kita dapat melihat budaya-budaya lain. Hal ini menyebabkan budaya lokal atau bangsa sendiri dilupakan dan mulai mengikuti budaya-budaya luar.

Dari dampak positif dan negatif yang ada dapat disimpulkan bahwa teknologi sangat membantu dalam mendukung perkembangan diri pemuda namun hal ini juga membawa dampak negatif. Dampak negatif inilah yang harus diminimalisir karena dapat merusak bangsa dan negara. Untuk terhindar dari dampak negatif sendiri harus dari pribadi orang itu sendiri. Untuk menjaga keutuhan dan mengembangkan negara kita, kita harus menggunakan teknologi secara bijaksana dan menciptakan hal-hal inovatif yang membantu negara kita untuk maju. Sebisa mungkin kita harus menghindari dampak negatif dan jangan sampai teknologi menguasai kita. Kita harus menjadi seorang bijaksana dalam perkembangan di era globalisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *